10 Kuliner Khas Bogor yang Menggoyang Lidah

Jika anda liburan di kota bogor anda wajib mencoba beberapa kuliner bogor yang paling enak dan dijamin bisa mengggoyang lidah, tentang harga ? Kuliner bogor dibawah ini dijamin aman bersahabat dengan dompet anda.

 

kuliner khas bogor

toge goreng (foto foody)

Berikut 10 kuliner khas Bogor yang menggoyah lidah dan bersahabat dengan dompet;

  1. TOGE GORENG : Agak sulit menemukan kuliner khas bogor di kota lain. Toge goreng ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara di goreng melainkan di rebus. Toge yang direbus dicampur dengan mie telur kuning dan irisan tahu goreng( terkadang juga ditambah ketupat ). Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan taucom dan diberi tambahan kecap manis. Rasanya sangat sedap dengan sensasi manis dan asin.
  2. BAPATONG : Namanya sangat unik kedengarannya , YA ? Bapatong ini merupakan singkatan dari bakso  kupat gentong. Ketupat yang dipotong bentuk dadu disajikan bakso ditambah dengan daging iga sapi yang dipotong-potong dan kuah bakso dari kaldu sapi. Anda ingin mencicipi bapatong bisa datang ke bogor.
  3. LAKSA BOGOR : LAKSA yang terkenal di indonesia adalah laksa bogor. dalam bahasa sangsekerta, laksa artinya banyak. maksudnya laksa ini dibuat dengan menggunakan banyak bumbu. Keunikan laksa bogor adalah pada campuran oncom nya. Laksa bogor juga tidak mengguanakan mie melainkan mengggunakan lontong atau ketupat dan bihun sebagai campurannya.
  4. DOCLANG : Ini mirip dengan kupat tahu dan lontong sayur. Doclang ini terdiri dari pesor ,irisan tahu goreng ,irisan kentang rebus goreng  ,telur rebus ,bumbu kacang cair ,kecap atau kerupuk emping tangkil.
  5. CUNGKRING : Jika kita mendengar kata cungkring , kerap yang terpikir adalah seseorang yang bertumbuh tinggi dan kurus kering. Namun cungkring disini adalah kuliner khas bogor berupa potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning dan diguyur dengan bumbu kacang yang rasanya manis
  6. NGO HIANG : Merupakan kuliner asal china. Ngo Hiang Artinya adalah lima bahan dasar bumbu. Ngo hiang ini  adalah daging yang dibuat menggunakan campuran daging babi ,udang dan sagu yang digulung berbentuk panjang.mirip dengan rolade.Gulunggan ngo hiang ini lalu dipotong-potong sebelum disajikan. Maaf makanan yang satu ini jangan dicoba bagi umat muslim karena makanan ini tidak halal.
  7. PEPES SAGU : Selama ini pepes yang kita kenal pastilah pepes tahu ,pepes jamur ,ataupun pepes ikan. Namun di bobor ada pepes yang sangat unik , Yaitu pepes sagu pisang. Anda hanya dapat menemukan pepes sagu ini di jalan suryakencana. sagunya berasa lembut dan pisangnya pun sangat terasa. Anda wajib coba kalau liburan ke bogor.
  8. ES PALA : Dipercaya sudah ada sejak jaman penjajahan belanda. Bahkan minuman ini sangat disukai oleh orang belanda. ES PALA khas bogor ini terbuat dari irisan buah pala dan gula pasir dengan tambahan sedikit garam. Bahan-bahan ini lalu direbus dahulu sebelum disajikan dalam keadaan dingin. es pala ini memiliki aroma yang harum dan rasa nya menyegarkan.
  9.  ASINAN JAGUNG BAKAR : Inilah salah satu kuliner khas bogor yang sangat unik. ASINAN JAGUNG BAKAR! Jagung manis yang telah dibakar lalu dipipil ( dilepaskan dari bonggolnya ) dan dicampurkan denggan kuah air cabai yang dicampur cuka dan gula. Rasanya sangat unik , citarasa manis ,asin dan pedas berpadu menjadi satu. Sangat menyegarkan untuk disantap saat cuaca panas dan gerah.
  10. ASINAN BOGOR : Kuliner bogor yang ini tidak boleh ketinggalan tentu saja adalah asinan bogor. ASINAN BOGOR ini merupakan kuliner hasil percampuran budaya masyarakat tionghoa yang sudah beratus tahun tinggal di bogor. Ada tiga jenis asinan bogor yaitu asinan buah, asinan sayur, serta asinan campuran buah dan sayur.

 

Sekian dulu tips kuliner khas bogor semoga bermanfaat bagi semuanya, baca juga: HotelMurah di Bogor 

foto traveling yuk

(Visited 46 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *