uang rupiah

Flora-flora Indah Yang Menghiasi Uang Kertas NKRI #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Kalau Anda jeli memperhatikan gambar yang ada di belakang uang kertas NKRI, Anda pasti melihat gambar bunga-bunga khas Indonesia terpampang di sana. Penasaran kan, bunga apa saja? Yuk, kita ulas satu persatu.

7 Bunga Yang Ada di Uang kertas NKRI :

1.Anggrek Bulan
Pada bagian belakang uang pecahan Rp100.000,00 ada gambar bunga anggrek bulan yang dijadikan sebagai bunga nasional dan dikenal dengan julukan Puspa Pesona. Bunga ini ditemukan pertama kali oleh seorang ahli botani asal Belanda yang bernama Dr. C.L Blume.

2.Jepun Bali
Bunga ini ada pada bagian belakang uang kertas pecahan Rp50.000,00 dan lebih dikenal dengan sebutan bunga kamboja. Berwarna putih di bagian pinggirnya, sedangkan bagian dalam berwarna kuning. Di Bali bunga ini sering digunakan untuk berbagai upacara keagamaan.

3.Anggrek Hitam
Bunga anggrek hitam menghiasi bagian belakang uang kertas Rp20.000,00. Merupakan spesies anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatra. Dinamakan anggrek hitam karena memiliki lidah berwarna hitam dengan sedikit corak warna hijau dan berbulu. Bunga ini biasanya mekar pada bulan Maret-Juni dan merupakan maskot flora Provinsi kalimantan Timur.

4.Cempaka Hutan Kasar
Merupakan flora identitas Sulawesi Barat dan diabadikan dalam uang kertas pecahan Rp10.000,00 NKRI bagian bagian belakang. Tersebar secara alami dan merata, tetapi terbatas hanya di Pulau Sulawesi dan Maluku.

5.Sedap Malam
Bunga ini lazim ditanam di pekarangan rumah karena keharumannya. Sering diambil minyaknya untuk pembuatan parfum dan memiliki manfaat yang banyak bagi manusia seperti, untuk mengobati bisul dan bengkak, menyembuhkan katarak, Rematik, radang tenggorokan, influensa, dan menambah stamina. Tidak heran bila bunga ini diabadikan dalam bagian belakang uang Rp5.000,00.

6.Jeumpa
Pada bagian belakang uang kertas NKRI pecahan Rp2.000,00 tampak gambar bunga Jeumpa. Dikenal dengan nama Cempaka Kuning, dan merupakan flora maskot Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Bunga cantik ini sering juga digunakan sebagai bahan pembuatan parfum.

7.Anggrek Larat
Bunga ini termasuk dalam 12 spesies anggrek langka yang dilindungi di Indonesia dan telah ditetapkan sebagai maskot flora Provinsi Maluku. Dinamakan Anggrek Larat karena ditemukan pertama kali di Pulau Larat, Tanimbar, Maluku. Warnanya ungu dan sangat indah dipandang. Terdapat di bagian belakang uang kertas NKRI pecahan Rp1.000,00.

Bunga-bunga tersebut memang sangat indah dan merupakan bunga khas yang hanya tumbuh di Indonesia. Mengabadikannya ke dalam mata uang rupiah merupakan salah satu cara pemerintah melestarikan flora-flora negara kita.

 

foto tribunnews

(Visited 143 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *