cinta rupiah

Harum melati didalam rupiah #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Anda pasti pernah memperhatikan gambar bunga melati yang ada di uang logam Rp500,00 TE 1991, 1997, dan 2003, baik yang terbuat dari kuningan maupun aluminium. Apa keistimewaan bunga melati, sehingga dipilih sebagai ikon yang menghias uang logam rupiah kita selama tiga kali?

Bunga melati merupakan salah satu bunga kebanggaan Indonesia, juga merupakan salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia yang dijuluki sebagai Puspa Bangsa. Dua bunga lainnya yaitu Anggrek Bulan yang dijuluki sebagai Puspa Pesona dan bunga Raflesia yang dijuluki dengan nama Puspa Langka. Ketiga bunga tersebut dianggap dapat mewakili karakteristik bangsa, sehingga ditetapkan sebagai bunga nasional.

Peran bunga melati di dalam kebudayaan Indonesia sangat penting. Dalam tiap-tiap acara adat, bunga melati banyak digunakan, baik sebagai lambang keindahan, kehidupan, maupun kematian.

Manfaat Bunga Melati

Seperti yang dilansir pada situs dosenbiologi.com ternyata manfaat bunga melati sangat banyak bagi kehidupan, di antaranya adalah :

1.Obat sakit mata
Apabila Anda mengalami iritasi atau belekan pada mata, remaslah bunga melati hingga halus kemudian letakkan tepat di atas dahi. Ganti apabila bunganya sudah kering. Lakukan dua kali sehari dalam jangka waktu sepuluh menit.

2.Obat sesak napas
Caranya yaitu, dengan merebus duapuluh helai daun bunga melati dengan tiga gelas air yang sudah diberi sedikit garam. Setelah air menyusut hingga menjadi dua gelas kemudian disaring dan tunggu hingga dingin sebelum diminum dua kali dalam sehari.

3.Mencegah kolesterol
Mengonsumsi teh bunga melati secara rutin dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

4.Menguatkan akar rambut
Kabar gembira bagi Anda yang sedang mengalami kerontokan rambut, ternyata bunga ini dapat digunakan untuk memperkuat akar rambut. Caranya adalah dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan lain kemudian digunakan sebagai shampo kemudian dipijat-pijat dengan lembut.

5.Mengurangi stres
Aroma bunga melati yang menenangkan dapat digunakan sebagai sarana aromatherapi. Anda bisa meletakkan bunga melati di samping tempat tidur atau minum teh melati sebelum tidur.

Demikian ulasan mengenai bunga melati dan beberapa manfaatnya bagi kehidupan. Luar biasa bukan manfaat bunga indah ini?

Jadi tidak heran kalau pemerintah melalui Bank Indonesia mengabadikan bunga yang harum ini ke dalam uang logam pecahan Rp500,00 selama tiga kali. Mari membantu pemerintah mencintai rupiah dengan cara mengenali flora, fauna, adat istiadat, dan pahlawan negeri yang kita cintai ini.

 

foto bebeja

(Visited 71 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *