selembar rupiah

Melihat keajaiban dunia dalam selembar rupiah #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang terletak di magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini didirikan oleh para penganut Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra sekitar abad ke-8 masehi.

Struktur Candi Borobudur berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran, serta memiliki 72 stupa yang berbentuk lonceng. Stupa terbesar terletak di puncak candi.

Tingkatan Spiritual Buddha Yang Ada di Candi Borobudur :

1.Kamadhatu
Merupakan tingkat paling bawah, yaitu menggambarkan dunia manusia yang masih dikuasai oleh nafsu rendah seperti merampok, membunuh, memperkosa, memfitnah, menyiksa, dan lain-lain. Terdiri dari 160 relief yang menggambarkan hukum sebab akibat.

2.Rupadhatu
Tingkat menengah, yaitu berisi dunia yang yang sudah bisa membebaskan diri dari nafsu tetapi masih terikat. Bisa disebut juga sebagai alam peralihan, di mana manusia telah dibebaskan dari segala urusan dunia. Terdiri dari 1300 relief yang membentang sejauh 2.5 km.

3.Arupadhatu
Merupakan tingkatan tertinggi, yang mana melambangkan ketiadaan wujud yang sempurna yang disebut sebagai ‘Rumah Tuhan’. Pada bagian ini tidak ada ornamen atau hiasan, yang menggambarkan kemurnian tertinggi.

Candi Borobudur merupakan warisan budaya Indonesia yang tak ternilai harganya, sehingga pemerintah melalui Bank Indonesia menerbitkan uang kertas yang memajang gambar Candi Borobudur pada bagian belakang pecahan Rp10.000,00 pada tahun 1992. Pada gambar uang kertas berwarna ungu tua tersebut, tampak betapa indah dan megahnya bangunan Candi Borobudur yang membuat banyak bangsa asing takjub.

Selain uang kertas pecahan tahun 1992, Bank Indonesia juga pernah mengabadikan relief Candi Borobudur melalui uang kertas pecahan Rp10.000,00 tahun 1975 yang bagian belakangnya bergambar topeng Barong yang melegenda.

Candi borobudur merupakan candi buddha terbesar di dunia dan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Maka dari itu sudah sepantasnyalah kita menambah kecintaan akan bangsa ini melalui mata uang rupiah yang telah memuat bermacam adat, budaya, keindahan alam, keeksotisan flora dan fauna, serta para pahlawan Indonesia.

 

foto wikimedia

(Visited 33 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *