mengajari anak cinta rupiah

Mengajarkan anak mengelola rupiah #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Pengajaran mengenai keuangan sangat penting dilakukan oleh orang tua untuk membimbing anak agar cerdas mengelola keuangan ketika dewasa nanti, sehingga mereka akan terhindar dari jebakan hidup boros dan konsumtif.

Mengajarkan anak mengelola uang bukan hal yang susah. Banyak cara yang bisa Anda lakukan. Tetapi tentu saja caranya harus sesuai dengan usia anak agar kegiatan yang dilakukan tepat sasaran.

Begini cara mengajarkan anak mengelola keuangan :

1.Kenalkan nilai uang
Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Anda bisa mengajarkan mengenai nilai uang dengan cara mengajak anak bermain dengan uang yang Anda miliki lalu sebutkan nominalnya dengan bahasa yang mudah dipahami. Contohnya, dengan selembar uang Rp1.000,00 anak bisa membeli makanan dengan jumlah tertentu, sehingga anak paham dengan nilai uangnya. Anak juga bisa diajarkan untuk tidak membelanjakan seluruh uang tersebut dan menabungnya sebagian ke dalam celengan.

2.Bermain jual beli
Setelah anak paham dengan nilai uang, ini saatnya untuk bermain sebagai pedagang dan pembeli. Anda bisa berperan sebagai pedagang atau sebaliknya, kemudian bergantian peran. Anda juga bisa memakai uang asli yang dipecah menjadi satuan kecil-kecil untuk kembalian atau memakai uang mainan. Untuk anak yang lebih besar bisa mencoba bermain monopoli dengan mengajak teman-teman di lingkungan sekitar. Tujuan permainan ini adalah untuk menunjukkan fungsi uang sebagai alat tukar.

3.Membayar belanjaan
Anda bisa meminta anak untuk membantu membayar barang-barang belanjaan ketika membeli kebutuhan di warung maupun di supermarket. Selain melatih kepercayaan diri anak, cara ini juga bertujuan untuk menunjukkan fungsi uang sebagai alat tukar.

4.Memilih Prioritas
Untuk anak yang berusia lebih besar, Anda bisa mengajarkan untuk memilih prioritas yang lebih penting dan bisa memilih antara kebutuhan dan keinginan. Dengan mengetahui prioritas yang lebih penting, anak akan terbiasa mengelola uang yang mereka miliki dan terhindar dari gaya hidup konsumtif.

5.Belajar Berbagi
Anda bisa memberi anak sejumlah uang untuk kebutuhannya selama seminggu. Dengan uang tersebut ajarkan mereka untuk membagi-bagi sesuai pos atau kebutuhan. Dan Anda bisa meminta mereka untuk menyisihkan sebagian uang tersebut untuk disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini penting untuk mengasah empati dan jiwa sosial mereka.

Dengan mengajarkan cara mengelola keuangan kepada anak sejak dini, diharapkan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan melek finansial, sehingga akan bermanfaat untuk kehidupan mereka ketika dewasa nanti. Cara ini juga merupakan salah satu cara Anda mengajarkan anak untuk cinta pada rupiah.

 

foto warehouse

(Visited 44 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *