bahan uang rupiah kita

Mengenal bahan-bahan pembuat uang rupiah #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Menurut bahan pembuatannya, uang dibagi menjadi dua jenis, yaitu uang kertas dan uang logam. Yang dimaksud dengan uang kertas yaitu, uang yang terbuat dari lembaran kertas dengan gambar dan bentuk tertentu serta digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Sedangkan uang logam adalah uang yang bahan-bahan pembuatannya terbuat dari logam, memiliki sifat yang kuat, keras, dan tidak mudah rusak atau hancur.

Kali ini saya akan membahas berbagai macam bahan pembuat uang logam yang tidak banyak orang ketahui. Ada yang terbuat dari aluminium, nikel, kuningan, bimetal, bahkan ada juga yang terbuat dari emas.

Di bawah ini beberapa jenis bahan pembuat uang logam rupiah yang harus Anda tahu :

1.Aluminium
Logam ini mempunyai sifat kuat, ringan, dan penampakannya cerah dengan warna perak metalik. Uang logam rupiah paling banyak menggunakan bahan jenis ini.

2.Nikel.
Bahan logam jenis ini lebih berat dan padat serta berwarna perak metalik. Jumlah uang logam yang dicetak menggunakan bahan nikel relatif lebih sedikit bila dibanding yang menggunakan jenis aluminium. Kalau Anda ingat dengan uang logam Rp100,00 tebal tahun 1971, 1973, atau logam Rp100,0 tipis tahun 1978, itulah salah satu contoh uang logam yang terbuat dari nikel.

3.Kuningan
Logam ini merupakan perpaduan antara tembaga dan seng, sehingga menampilkan uang logam yang berwarna kuning keemasan yang indah.

4.Bimetal
Uang logam yang terbuat dari bimetal ini terdiri dari dua bahan, yaitu nikel dan kuningan, sehingga menghasilkan tampilan uang logam yang mewah. Contoh uang logam rupiah bimetal yang pernah dicetak yaitu pecahan Rp1.000,00 TE 1993, 1994, 1995, 1996, 1997, dan 2000. Pada bagian luar terbuat dari nikel, sementara bagian dalam terbuat dari kuningan.

5.Emas
Uang logam ini jarang diproduksi karena bahannya yang lebih mahal dibanding bahan pembuat logam yang lain, hanya dicetak dalam jumlah terbatas dan tidak untuk dipakai sebagai alat jual beli.

Demikian beberapa penjelasan mengenai jenis bahan-bahan uang logam rupiah kita. Semoga dengan artikel ini anda lebih tahu tentang bahan baku pembuat rupiah.

 

foto tintaprinter

(Visited 512 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *