fungsi koin rupiah

Koin Rupiah Bukan Sekedar Alat Bayar #CintaRupiah

Cinta Rupiah –  Apa sih yang ada di benak kalian saat mendengar koin rupiah? Jadi kepikiran recehanyang suka nggak pas kalau ditaruh di dompet? Uang paling pas buat ngasih pengamen? Atau cadangan uang parkir? Oke mungkin beberapa ada yang langsung teringat seperti itu ya. Padahal koin rupiah ternyata bukan sekadar alat pembayaran loh.

Lebih dari itu ternyata pengguanaan koin rupiah sangat bermacam-macam mulai dari alat untuk menggosok undian berhadiah, koleksi koin lama, alat untuk mengerok kalau kalian masuk angin, media sulap, edukasi keragaman Indonesia melalui gambar yang berada di setiap sisinya, kerajinan tangan, dan bahkan untuk memulai suatu pertandingan sepak bola.

Wah multi talenta sekali ya si koin rupiah ini. Meski banyak sekali kegunaan koin rupiah ini bukan berarti kita bisa memperlakukannya dengan sewenang-wenang loh. Sebagai contoh saat kalian akan menggunakan koin rupiah ini untuk membuat kerajinan tangan. Kalian dilarang keras untuk mengubah apapun yang terdapat padanya. Misalnya tidak merusak, melubangi, memotong sebagian atau seluruhnya, mengubah warnanya dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan berbagai kegiatan tersebut yang dapat merusaknya.

Nah hal lain yang perlu kalian perhatikan saat akan menggunakan koin rupiah ini untuk media kerokan. Tentunya akan lebih baik lagi jika kalian sudah memastikan kebersihan dari koin tersebut dari bakteri jahat maupun virus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Karena tujuan kalian kerokan kan untuk merasa sehat kembali bukan sebaliknya.

Paragraf di atas menyebutkan bahwa koin rupiah juga digunakan sebagai sarana edukasi serta pengenalan keberagaman yang merupakan identitas bangsa dan negara Indonesia. Dari kalimat tersebut tentu sudah sangat jelas bahwa gambar-gambar yang berada di setiap sisi koin memiliki tujuannya sendiri selain untuk membedakan antar koin yang memiliki nilai berbeda juga sebagi bentuk edukasi dan pengenalan. Misalnya adanya berbagai macam flora dan fauna yang ada di Indonesia, ada juga alat-alat musik daerah, rumah daerah, seni dan budaya dari berbagai pelosok negeri yang perlu kita jaga dan lestarikan dan tentunya masih banyak lagi gambar-bambar edukatif lainnya yang berada di koin-koin rupiah.

 

foto uang indonesia

(Visited 117 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *