minangkabau

Mengenal Rumah Adat Minangkabau Dari Uang Logam TE 1971-1973 #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Dari sekian banyak uang logam yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, koin lebar dan tebal ini merupakan salah satu koin favorit saya sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar dulu. Saya benar-benar bernostalgia saat melihat gambar uang logam tersebut.

Ada dua jenis uang logam tebal bulat saat itu. Yang pertama keluaran tahun 1971 dan 1973, yang kedua ukuran dan gambarnya sama tetapi lebih tipis. Kedua-duanya merupakan uang logam favorit saya waktu itu karena bentuknya yang unik, lebar dan besar, sehingga enak untuk digenggam serta dimainkan.

Gambar tampak depan adalah rumah gadang, sedangkan gambar belakang tulisan 100 yang besar dan memenuhi seluruh bidang. Kemudian ada tulisan Bank Indonesia yang ditulis melingkar di sisi luar. Juga tahun keluarannya yaitu 1971 atau 1973.

Fungsi dan aturan Rumah Gadang

Rumah Gadang merupakan rumah adat Minangkabau yang banyak terdapat dijumpai di Provinsi Sumatera Barat. Rumah ini bentuknya mirip dengan rumah yang ada di Negeri Sembilan, Malaysia, dan tidak semua kawasan Minangkabau boleh dibangun rumah ini, karena hanya kawasan yang memiliki status “Nagari” saja yang boleh.

Fungsinya sama seperti rumah pada umumnya. Hanya ada beberapa aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi saat mendirikan rumah ini yaitu, untuk jumlah kamar harus sesuai dengan jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya. Setiap perempuan yang telah bersuami memperoleh satu buah kamar sendiri. Untuk perempuan tua dan anak-anak, harus menempati kamar yang berada di dekat dapur. Sementara untuk gadis remaja menempati kamar bersama di ujung rumah yang lain.

Arsitektur Rumah Gadang

Atapnya terlihat khas, berbentuk runcing dan melengkung menyerupai tanduk kerbau yang kuat, tajam, dan kokoh. Rumah ini dibangun berbentuk empat persegi panjang yang luas, terdiri dari bagian depan dan belakang. Dindingnya dipenuhi oleh ukiran-ukiran yang indah. Berbagai motif menghiasi, seperti motif bunga, akar, daun, serta bidang persegi empat dan jajaran genjang.

Filosofi Rumah Gadang

Rumah Gadang mempunyai arti Rumah Besar. Bukan hanya besar ukurannya saja, tetapi juga mempunyai fungsi yang besar. Rumah Gadang mencakup kepada keseluruhan kehidupan dari masyarakat Minangkabau itu sendiri, baik sebagai tempat tinggal, merawat keluarga, maupun sebagai tempat melaksanakan berbagai acara-acara adat.

Rumah Gadang ini memang sangat menakjubkan, baik dari segi arsitektur maupun dari segi filosofinya. Tak heran bila pemerintah bersama dengan Bank Indonesia memasukkan Rumah Gadang ke dalam uang logam saat itu.

 

foto baabun

(Visited 199 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *