bahaya dehidrasi

Tips Ampuh Cegah Dehidrasi Saat Berolahraga

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat badan menjadi selalu sehat dan memiliki berat badan yang ideal. Selain menjaga pola makan tentunya kita juga harus menyempatkan diri untuk berolahraga. Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi masih seringkali terabaikan. Padahal, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh dapat lebih bugar dan kesehatan Anda pun akan tetap terjaga [1].

Umumnya agar tubuh selalu bugar orang dewasa berusia 19–64 tahun disarankan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. Jika tidak sempat berolahraga, Anda juga bisa membagi waktu olahraga menjadi 2 sesi per hari, misalnya 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore hari [1].

Saat berolahraga secara tidak langsung Anda melakukan aktivitas fisik yang akan membuat keringat keluar, Saat mengeluarkan keringat tersebut, tubuh membutuhkan asupan pengganti untuk menjaga jumlah cairan di dalam tubuh tetap seimbang. Tubuh yang mengalami kekurangan asupan cairan merupakan salah satu penyebab dari dehidrasi, yang bisa cepat terjadi saat seseorang berolahraga [2].

Dampak buruk apa saja yang dapat terjadi saat mengalami dehidrasi karena tidak mencukupi cairan yang dibutuhkan tubuh saat berolahraga? Berikut ini beberapa dampak buruknya:

Olahraga Menjadi Tidak Efektif
Seseorang yang mengalami dehidrasi saat olahraga membuat tubuh tidak dapat membakar sel lemak secara efektif. Hal tersebut terjadi karena sirkulasi darah normal sulit dilakukan saat tubuh kekurangan cairan [3].

Beban Jantung Meningkat
Saat tubuh kekurangan cairan, darah menjadi lebih kental dan pembuluh darah mengkerut untuk menghemat jumlah air yang tersisa. Karena itu, jantung bekerja semakin keras karena berusaha memompa aliran darah yang kental. Saat hal ini terjadi, kamu dapat mengalami takikardi, sesak napas, hingga tekanan darah tinggi [3].

Itulah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi saat kamu mengalami dehidrasi karena kekurangan asupan cairan saat berolahraga. Untuk menghindari semua gangguan yang dapat terjadi karena kekurangan cairan, pastikan untuk selalu menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan pilihan minuman segar di bawah ini:

minum aqua cegah dehidrasi

1. Air putih
Minuman pertama ini adalah minuman yang paling baik untuk mencegah kondisi dehidrasi. Tak heran, berbagai pakar kesehatan menyarankan Anda untuk mengonsumsi setidaknya 7–8 gelas air putih dalam sehari. Terlebih saat Anda sedang berolahraga pastinya membutuhkan lebih banyak [4].

2. Air kelapa
Air kelapa tak hanya memuaskan dahaga, tapi juga menawarkan beberapa manfaat air kelapa memiliki kandungan elektrolit seperti sodium, magnesium, potasium, dan kalsium yang baik untuk mencegah masalah dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh [4].

3. Jus jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin ini dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang bermanfaat dalam menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit infeksi. Agar manfaatnya bisa sekaligus mencegah dehidrasi, Anda dapat mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus jeruk murni tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya [4].

4. Susu
Jika Anda berolahraga pada siang hari ketika terik matahari sangat menyengat pastinya akan menyebabkan produksi keringat meningkat, sehingga cairan tubuh bisa hilang lebih cepat. Guna mencegah hal tersebut terjadi Anda dapat menjadikan susu sebagai konsumsi sehari-hari.
Faktanya, susu memiliki kandungan nutrisi yang mampu menggantikan sejumlah cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Bahkan, jika dikonsumsi dengan tepat setiap hari, minuman sehat ini juga mampu menjaga kesehatan sel otot maupun tulang Anda [4].

5. Minuman isotonik
Minuman isotonik merupakan salah satu jenis minuman pilihan yang dikonsumsi setelah berolahraga. Minuman ini memiliki konsentrasi gula dan garam yang serupa dengan cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu, minuman isotonik mampu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat [5].

Itulah kelima minuman yang cocok untuk mencegah dehidrasi. Konsumsi cairan yang seimbang akan berdampak baik untuk kesehatan. Diutamakan untuk minum air putih karena air putih lebih mudah diserap tubuh sehingga dengan cepat mengatasi dehidrasi. Pastikan Anda memilih AQUA untuk teman berolahraga Anda karena hanya AQUA yang mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen [6].

Ingin sehat pilih selalu AQUA!

Source:
1. https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga
2. https://www.halodoc.com/artikel/ini-akibatnya-jika-berolahraga-tanpa-asupan-cairan-yang-cukup
3. https://www.halodoc.com/artikel/ini-akibatnya-jika-berolahraga-tanpa-asupan-cairan-yang-cukup
4. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3547754/5-minuman-sehat-pencegah-dehidrasi-di-musim-kemarau
5. https://www.alodokter.com/minuman-isotonik-teman-yang-tepat-saat-berolahraga
6. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-putih-yang-bermanfaat-bagi-tubuh-anda/

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *