rupiah kuno

Rupiah dan burung dari surga #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Burung Cenderawasih merupakan burung yang sangat indah dari Papua, warnanya cerah dan berekor panjang. Karena keunikan dan keindahannya maka burung ini telah diabadikan dalam mata uang rupiah kita. Saking indahnya, burung ini dijuluki dengan burung dari surga. Tetapi berkat keindahannya pula maka jumlahnya saat ini terus berkurang karena banyak diburu oleh para pemburu liar.

Jenis-jenis Burung Cenderawasih

1.Cenderawasih Botak
Burung ini memiliki nama ilmiah Cicinnurus Respublica. Kicauannya nyaring dan merdu, serta termasuk ke dalam spesies yang terancam punah. Warna bulunya merah dan hitam dengan bagian tengkuk berwarna kuning, kemudian bagian mulut berwarna hijau, kepala biru muda, dengan kaki warna biru. Sangat indah!

2.Cenderawasih Kuning Besar
Gambar burung indah ini terdapat di lembaran uang kertas pecahan Rp2.000,00 TE 1992 dan merupakan burung dengan ukuran tubuh yang besar. Warnanya merah kecoklatan serta memiliki mahkota berwarna kuning. Burung ini tersebar pada hutan dataran rendah serta daerah bukit di barat daya Pulau Papua dan Pulau Aru.

3.Cenderawasih Merah
Keberadaan burung ini sudah semakin sulit dicari akibat pembalakan hutan dan perburuan liar. Burung jantannya memiliki sifat unik, yaitu gemar berpoligami. Setelah kawin dengan burung Cenderawasih merah betina, dia akan meninggalkan untuk mencari betina yang lain.

4.Cenderawasih Panji
Sifat burung jantannya pada saat ingin kawin akan berkicau pada dahan yang tinggi serta melakukan tarian yang rumit untuk menarik Cenderawasih betina. Setelah itu burung betina akan membuat sarang sendiri tanpa bantuan si jantan.

Mata Uang Yang Telah Mengabadikan Burung Cenderawasih, yaitu :

1.Uang logam Rp50,00 TE 1971
2.Uang kertas Rp20.000,00 TE 1992

Generasi X dan Y pasti mengenal kedua mata uang tersebut sewaktu kecil. Baik uang logam maupun uang kertas mempunyai kesan tersendiri karena keindahan desainnya.

Sungguh Indonesia sangat kaya dengan berbagai flora dan fauna yang bermacam-macam. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kekayaan alam Indonesia agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi berikutnya.

Mari cintai mata uang rupiah. Karena di sana banyak menyimpan adat, budaya, serta sejarah Indonesia.

 

foto uang kuno

(Visited 62 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *